Senin, 12 April 2010

Cinta Sejati

Kajian Islam “Serial Cinta“ Episode 1
By: Mustofa Abi Hamid; Koordinator GEMA 2009 Bidang Kajian Islam UKMF FPPI FKIP Unila

Cinta Sejati dan Cinta yang Hakiki
Cinta. Kata yang terdiri dari lima huruf ini sudah umum terdengar. Bahkan, setiap orang pasti pernah merasakannya, namun begitu banyak definisi hingga sulit untuk menentukan definisi yang tepat mengenai ‘cinta’. Tidak ada batasan tentang arti cinta yang lebih jelas daripada kata cinta itu sendiri. Namun, secara bahasa cinta biasa diartikan kecenderungan atau keberpihakan. Bertolak dari sini, cinta dapat diartikan sebagai sebuah gejolak jiwa dimana hati mempunyai kecenderungan yang kuat terhadap apa yang disenanginya sehingga membuat untuk tetap memikirkannya, mengangankannya, menyebut namanya, rela berkorban atasnya dan menerima dengan segenap hati apa adanya dari yang dicintainya serasa kurang sekalipun, dan ia tumpahkan dengan kata-kata dan perbuatan.

Setiap orang pun pasti memiliki rasa cinta yang bias diaplikasikan pada banyak hal yang mungkin sangat dicintainya. Wanita, harta, tahta (jabatan), dan berbagai kenikmatan dunia lainnya merupakan sasaran utama cinta dari kebanyakan manusia. Padahal mencintai hal-hal tersebut (wanita, harta, dan tahta) adalah fana dan merupakan sebuah perhiasan dunia yang amat sangat sedikit dan akan hilang dalam waktu yang singkat.

Ketahuilah !!!, cinta sejati adalah cinta kepada penggenggam alam semesta, kepada yang Maha Mencintai dan tiada terputus cintanya, yang senantiasa memberikan cinta kepada yang dicintai-Nya dan yang dianugerahi rasa cinta oleh-Nya. Cinta itu adalah cinta kepada Ilahi. Sebuah tingkatan cinta yang paling tinggi derajatnya.
Allah SWT berfirman : “ Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (Q.S. Ali Imran: 14).

Sebuah syair tentang cinta :
Mencintai, dicintai, fitrah manusia,
Setiap insan di dunia pasti merasakannya,
Gundah ceria kadang merana,
Itulah rasa cinta..
Berlindunglah pada Allah dari cinta palsu,
Melalaikan manusia hingga berpaling dari-Nya,
Menipu daya dan melenakan,
Sadarilah wahai kawan..
Cinta adalah karunia-Nya bila dijaga dgn sempurna,
Utamakanlah cinta pada-Nya terjagalah amaln kita,
Cinta pada Allah, cinta yang sejati,
Cinta pada Allah, cinta yang hakiki..
Wallahu a’lam bisshowab…

Kajian Islam Learning Center : UKMF FPPI FKIP Unila,
Gedung PKM FKIP Unila, Jln. Soemantri Brojonegoro no.1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35145
web : www.fppiunila.co.cc
www.kajian-islam-fppi.blogspot.com
www.mustofaabihamid.blogspot.com
CP : 0857 6837 3366

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar