Minggu, 02 Januari 2011

Dinamika Matahari


Matahari merupakan fitur yang sangat menonjol dalam tata surya kita. Ini adalah objek yang terbesar dan mengandung sekitar 98 persen dari massa total tata surya. Lapisan luar matahari disebut dengan fotosfer dan memiliki suhu 6000 0C. lapisan ini memiliki penampilan yang berbintik-bintik karena adanya letusan yang bergolak energi di permukaannya.


Energi matahari terbentuk di dalam inti matahari yang bersuhu tinggi (150000000C) dan tekanan yang begitu kuat sehingga terjadi reaksi nuklir.
Korona adalah bagian luar dari fotosfer. Pada bagian ini sering muncul prominences(awan besar bercahaya gas yang meledak dari chromosphere atas). Korona terdiri dari partikel-pertikel yang bergerak secara perlahn menjauh dari matahari. Korona ini hanya dapatdilihat pada saat gerhana matahari total.

Menurut J.R.Meyer, panas matahari berasal dari batu meteor yang berjatuhan dengan kecepatan tinggi pada permukaan matahari. Sedangkan menurutteori kontraksi H.Helmholz, panas itu berasal dari penyusutan bola gas.
Matahari sangat penting bagi kehidupan di muka bumi karrena :
1) Merupakan sumber energy(sinarpanas). Energy yang terkandung dalam batu baradan minyak bumi sebenarnya jugaberasal dari matahari.
2) Mengontrol stabilitas peredaran bumi yang juga berarti mengontrol terjadinya siang dan malam, bulan, tahun serta mengontrol peredaran planet yang lainnya.
Dengan mempelajari matahari yang merupakan bintang yang teredekat dengan bumi, berarti mempelajari bintang-bintang lain.
Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
Lampung University
Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
e-mail :abi.sma4@gmail.com
abi.unila@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar