Selasa, 04 Januari 2011

Pendidikan Fisika ’09 melaksanakan Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Bimbingan Konseling

BANDARLAMPUNG (Arfis News) : Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika ’09 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung melaksanakan ujian akhir semester untuk salah satu mata kuliah, yakni mata kuliah Bimbingan Konseling di Sekolah ( BK di Sekolah ). Ujian ini dilaksanakan pada hari Senin (03/01) pukul 07.30 sampai dengan 09.40 WIB di Aula A FKIP Universitas Lampung. Dosen mata kuliah BK, Drs. Giyono, M.Pd menuturkan bahwa ujian ini dilaksanakan sebagai ujian terakhir mata kuliah BK yang meliputi materi Hakekat Bimbingan Konseling, Orientasi dan Ruang Lingkup Layanan Bimbingan Konseling, Fungsi Prinsip dan Asas-Asas Bimbingan Konseling, Program Bimbingan Konseling, Aplikasi Layanan Bimbingan Konseling, serta Pelayanan Bimbingan Konseling berbasis Kompetensi.


Suasana Ujian BK di Aula A FKIP Unila

Soal-soal ujian berupa soal analisis dan aplikasi bimbingan konseling. Ujian ini diikuti oleh tiga program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu prodi Pendidika Fisika yang meliputi mahasiswa angkatan 2009 kelas A, beberapa mahasiswa angkatan 2007 dan 2008 yang belum mengambil mata kuliah ini, prodi Matematika 2009 kelas A dan prodi Ekonomi 2008 Regular. Salah satu mahasiswa Pend. Fisika, Tomy Arifin mengatakan dirinya telah mempersiapkan beberapa hari sebelumnya namunh kurang maksimal karena masih terlena dengan refreshing berupa main game, belajar pun telah dilakukan menjelang ujian tersebut dengan cara membaca materi BK secara menyeluruh menggunakan SKS ( Sistem Kebut Semalem ), lain halnya yang dilakukan Khairul Anam, mahasiswa Pendidikan Fisika yang akrab dipanggil Irul ini yang telah mempersiapkan ujian jauh-jauh hari berharap lebih banyak materi yang diserap otak dan dapat mengerjakan soal dengan baik dan benar.

Sebelum pelaksanaan ujian dimulai, Pak Giyono membacakan aturan main dalam pengerjaan soal tersebut, aturan main dalam ujian tersebut paling penting adalah dilarang menggunakan tip-ek (correction pen), bila hal itu terjadi maka dapat berakibat lembar ujian peserta tidak diterima oleh dosen mata kuliah dan nilai ujian tidak dapat diproses. Soal terdiri dari 10 butir berupa soal Benar-Salah (B-S) dengan diberi alasan yang berlandaskan pada teori, pendapat, dan data empiris. Ujian tersebut dapat berjalan lancar sampai menit terakhir berakhir. Mustofa Abi Hamid, mahasiswa Pendidikan Fisika merasa lega dan bersyukur dapat mengerjakan dan menyelesaikan soal tersebut dengan usaha dan kemampuan sendiri, “Alhamdulillah soal-soal dapat saya kerjakan semaksimal mungkin, dan selanjutnya kita berdoa dan kita pasrahkan pada Allah SWT semoga hasilnya maksimal dengan nilai yang maksimal pula sehingga impian nilai A dapat tercapai”, tuturnya. (mah)

Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
Lampung University
Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
e-mail :abi.sma4@gmail.com
abi.unila@yahoo.com
www.mustofaabihamid.blogspot.com

1 komentar:

  1. Salam,

    Puji Allah, semoga sehat sukses untuk anda.
    Saya mau numpang mhn alamat Bapak Giyono, dosen BK di Lampung, sy adalah murid SD beliau ketika tahun 1980-an di wilayah selatan Yogyakarta.

    Salam

    Nugroho Dwi Priyohadi
    PT. Pelindo III (Persero)
    Jln. Perak Timur 610 Surabaya 60165

    BalasHapus