Sejarah Singkat KMNU UNILA - Mustofa Abi Hamid's Blog

Update

Tuesday, January 4, 2011

Sejarah Singkat KMNU UNILA


Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Lampung yang kemudian disingkat dengan KMNU UNILA adalah sebuah organisasi kekeluargaan Mahasiswa NU dilingkungan Universitas Lampung yang bergerak pada aspek kultural NU dengan amaliah-amaliah dan tradisi NU yang mengesampingkan urusan politik. KMNU didirikan pada Hari Ahad, Tanggal 5 Desember 2010 bertepatan tanggal 28 Dzulhijjah 1431 H di MA/Mts Ma’arif NU Lampung, Kaliawi, Bandar Lampung. Dalam Musyawarah Umum I pembentukan KMNU Unila dihadiri oleh 17 Mahasiswa NU yang berasal dari beberapa fakultas, yaitu:

1. Aris Ali Ridho (FISIP)
2. David Satria Jaya (FISIP)
3. Mutakin (FP)
4. Candra Firmansyah (FP)
5. Angga Andala (FP)
6. Vici Wahyu Nugroho (FP)
7. Mufid Budi Aji (FP)
8. Dedi Hermanto (FP)
9. M. Edi Shabara S. (FP)
10. Redi Oktama (FKIP)
11. Ginanjar Saputro (FKIP)
12. Mustofa Abi Hamid (FKIP)
13. Azkiya Maisari (FKIP)
14. Evvi Ari Widyawati (FKIP)
15. Ranti Febriani (FKIP)
16. Meirindi (FKIP)
17. Tyas Rosawinda. Kh (FMIPA)
Dalam Musyawarah Umum I itu, 17 Mahasiswa NU tersebut sepakat untuk mendirikan KMNU dengan mengambil konsep gerakan kultural sebagai penguatan gerakan dakwah Ahlussunah Wal Jamaah ala NU, dan Aris Ali Ridho terpilih sebagai Ketua Umum periode pertama KMNU UNILA melalui proses musyawarah dan voting.
Di Universitas Lampung, sebelum KMNU berdiri sudah ada PMII, bahkan 13 dari 17 pendiri tersebut adalah aktivis PMII UNILA yang memang sebelumnya memiliki kultur NU yang cukup kuat. Ada dua hal yang menjadi pemikiran untuk mendirikan KMNU UNILA, yang pertama mahasiswa NU di Unila belum terorganisir dengan baik, mahasiswa NU sendiri ketika masuk Unila mengalami kebingungan harus aktif di organisasi mana, karena mereka tidak menemukan organisasi mahasiswa yang berlabel NU, meskipun telah ada PMII.
Yang kedua, Mahasiswa NU harus bisa memanfaatkan basis kultural ke-NU-annya untuk melakukan aktivitas keagamaan di Lingkungan Unila, dimana selama ini penyebaran pemahaman dan aliran-aliran yang jauh berbeda dengan NU telah membumi di UNILA, bahkan hampir seluruh Indonesia, terlebih sebagian besar anggotanya justru kalangan Nahdliyin.
Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
Lampung University
Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
e-mail :abi.sma4@gmail.com
abi.unila@yahoo.com
www.mustofaabihamid.blogspot.com

1 comment:

Post Top Ad