Selasa, 10 Mei 2011

Cara Menambah Berat Badan

Tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang, sehingga tidak sedikit orang yang berusaha untuk membuat tubuhnya semakin ideal dengan berbagai cara dan tips. Permasalahan yang banyak dialami adalah merasa tidak percaya diri dengan tubuh kurus atau kerempeng. Banyak yang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan namun banyak juga yang menginginkan pertambahan berat badan, keduanya merupakan permasalahan yang tidak mudah diatasi tetapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Semuanya ada cara dan prosedur yang harus dilakukan untuk program penggemukan atau pengurusan berat badan. Namun dalam artikel ini saya tulis cara penambahan berat badan bagi orang-orang yang sedang menjalani program menaikkan berat badan untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal. Untuk dapat menambah berat badan diperlukan cara, tips, trik, usaha dan doa serta keinginan yang kuat untuk merubah dan menyulap dirinya menjadi yang diinginkan.

Mungkin terlihat sedikit aneh ketika banyak orang yang ingin menjadi kurus, beberapa orang justru menginginkan untuk menggemukkan badan karena terlalu kurus. Faktanya, menggemukkan badan bagi orang yang sangat kurus sama sulitnya dengan mengurangi berat badan bagi orang yang terlalu gemuk. Berbagai macam cara menggemukkan badan telah dilakukan, namun kebanyakan sama sekali tidak membuahkan hasil. Akhirnya hanya keputusasaan yang diperloleh. Namun jangan khawatir, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa sedikit membantu.
Sebenarnya gemuk atau tidaknya tubuh orang itu relatif, terkadang beberapa orang menyatakan tubuh seseorang gendut sementara beberapa orang lainnya menyatakan bahwa tubuhnya ideal. Sebelum memutuskan untuk mengikuti program penggemukan badan, ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter berapa sebenarnya berat badan ideal Anda.

Selain itu masalah berat badan juga menyangkut faktor genetik atau keturunan. Seseorang yang memiliki orang tua yang kurus akan cenderung untuk menjadi kurus, demikian juga sebaliknya. Jika orang tua Anda bertubuh kurus, upaya untuk menggemukkan badan akan sedikit lebih susah. Tidak hanya itu, berat badan juga dipengaruhi oleh riwayat kesehatan seseorang. Jika seseorang pernah terkena penyakit TBC atau paru-parunya rusak, maka dapat dipastikan orang tersebut akan kesulitan untuk menggemukkan badan
Untuk menambah berat badan maka program yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Mengatur pola makan serta makan makanan yang berprotein tinggi. Hal ini sangat berpengaruh pada tubuh kita, karena dengan keteraturan pola makan maka organ-organ tubuh akan berfungsi dengan baik. Dalam hal ini dapat disesuaikan kebutuhan makan kita. Jika menginginkan pertambahan berat badan dengan cepat maka dapat memperbanyak frekuensi makan namun tetap memperhatikan pola makan yang sehat dan teratur. Keteraturan itu yang akan membawa dampak sukses pada program penambahan berat badan yang dicanangkan. Pola makan harus benar, frekuensi makan juga diatur seperti makan 3x sehari, serta jangan melupakan sarapan pagi (misalkan dengan menu nasi goreng, roti pakai sosis, sayur, telur, susu, dll). Untuk makan siang dan malam juga harus memperhatikan pola serta menu makan yang bergizi lengkap dengan nasi, lauk pauk hewani, nabati, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan serta susu. Minimal minum susu dua kali sehari dan pilihlah susu full krim. Usahakan makan teratur tiga kali sehari dengan jumlah kalori sekurang-kurangnya 2200 kalori. Makan serampangan (waktu yang tidak teratur, kadang banyak kadang sedikit) tidak akan banyak membantu, malah akan mengganggu proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan. Dengan waktu yang teratur, tubuh akan lebih ‘tenang’ dan teratur pula, sehingga tiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan terserap dengan sempurna. Selain itu jangan lupakan susu, karena manfaat terbesar susu adalah protein yang dibutuhkan untuk membangun jaringan otot, dan juga kalsium yang membantu menguatkan tulang. Jadi, setidaknya minumlah dua gelas susu tiap harinya.

2. Selain makan yang teratur dapat pula ditambah dengan mengemil, namun harus memilih cemilan yang bergizi dan bernutrisi. . Suplai makanan, harus bergizi pedomannya adalah empat sehat lima sempurna.

3. Cara makan, gunakanlah gigi anda sebaik mungkin karena jarang sekali dari kita mau melumatkan makanan di mulut tetapi justru membiarkan makanan yang masih kasar masuk ke lambung sehingga hati dan pankreas harus bekerja lebih berat untuk melumatkannya. Ini yang mungkin menyebabkan orang cepat gemuk atau bahkan menjadi kurus.

4. Perhatikan pembuangan sisa metabolisme dengan buang air besar secara teratur, karena usus itu tidak punya mata sehingga semua yang masuk ke dalam usus akan diserap, ini juga menyebabkan gangguan dalam berat badan. Olahraga yang teratur untuk mendukung agar aliran darah lancar dan dapat mengedarkan seluruh sari-sari makanan ke seluruh tubuh dengan baik. Olahraga bukan untuk menguruskan tubuh dan membakar lemak, namun untuk membentuk otot. Karena jika tidak ada “permintaan pembentukan otot” dari tubuh Anda, maka protein yang diserap tubuh belum tentu digunakan untuk membentuk otot. Permintaan tersebut dapat terjadi jika Anda mengolah otot-otot tubuh Anda agar lebih aktif lagi dengan cara berolahraga. Selain itu, dengan rutin berolahraga, tubuh akan lebih aktif dan membutuhkan banyak energi, sebagai akibatnya, tubuh pun memberi sinyal perlunya tambahan asupan sumber energi, yaitu makanan.

5. Niat dan keinginan yang kuat serta usahakan yang teratur dalam menjalani program penggemukan badan. Lakukan pengecekan berat badan secara berkala untuk memonitoring perkembangan yang terjadi. Buat target kenaikan berat badan, misalnya ditargetkan dalam 1 bulan berat badan meningkat 5-10 kg.

6. JANGAN MENCOBA MENGKONSUMSI OBAT-OBATAN APAPUN YANG MENGKLAIM BISA MEMBUAT GEMUK, terutama jika obat-obatan tersebut berlabel tradisional atau obat Cina, karena umumnya obat-obatan ini memiliki zat kimia yang walaupun memberi efek gemuk, namun juga memiliki efek samping yang membahayakan bagi tubuh, jadi mohon untuk tidak menyentuhnya sama sekali.

7. Jika kesulitan untuk menentukan pola makan 2200 kalori, dapat berkonsultasi dengan ahli gizi di rumah sakit pemerintah maupun swasta di kota Anda. Ahli gizi akan membantu memberikan daftar jumlah kalori tiap-tiap makanan, sekaligus mengatur pola makan Anda. Sedangkan untuk olahraga, tidak harus fitness atau ke gym, namun jika dapat dilakukan, akan lebih baik lagi, karena di pusat-pusat kebugaran biasanya alat-alat olah tubuh lebih lengkap, dan Anda bisa minta bantuan pada para trainer untuk bisa melakukan olah tubuh yang baik.

8. Jika sudah teratur dan istirahatnya teratur mudah-mudahan cepat berat badannya naik. Namun jangan bosan harus teratur pola makannya lengkap dengan menu-menu itu tadi. Sebulan pun pasti sudah bertambah naiknya. Nah jika tidak ada kemajuan sedikit pun dengan resep yg di atas tadi, barulah langkah selanjutnya berkonsultasi langsung dengan dokter ahli gizi, di sana bisa ketahuan dimana salahnya, apakah sistem pencernaan Anda atau mungkin ada kelainan? Atau bisa saja dokter memberikan resep khusus utk Anda yg sudah disesuaikan dengan hasil diagnosanya.”

9. Setelah menghitung berat badan ideal Anda, secarang saat Action!
Sama hal nya dengan menguruskan badan, hal yang paling penting dalam menggemukkan badan adalah untuk tetap menjadikan tubuh Anda sehat. Jangan pernah mengorbankan kesehatan hanya karena Anda menginginkan tubuh ideal.

Selain itu, perlu kedisiplinan tinggi untuk menjadikan tubuh Anda menjadi ideal. Nah, daripada kelamaan, berikut ini beberapa cara menggemukkan badan yang cukup efektif jika Anda menerapkannya secara disiplin.

Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
University of Lampung (Unila)
Address :
BPH Masjid Al-Wasi’i Kampus Universitas Lampung
Lantai Dasar Masjid Al-Wasi’i Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
0857.6837.3366
0897.6126.033
Ph : (0721) 783044
e-mail :abi.sma4@gmail.com
abi.unila@yahoo.co.id
m.abihamid@students.unila.ac.id

www.mustofaabihamid.blogspot.com

2 komentar: