Kamis, 09 Juni 2011

Penelitian dan Jenis-Jenis Penelitian


A.  Pengertian Penelitian

Beberapa pengertian penelitian :

v  Penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
v  Terdapat empat hal yang perlu dipahami yaitu: cara ilmiah, data, tujuan dan kegunaan.
v  Kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis dan direncanakan untuk memecahkan permasalahan yang berguna  bagi masyarakat dan bagi peneliti.
v  Proses penemuan yang mempunyai karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada teori dan  hipotesis atau jawaban sementara.

B.  Fungsi penelitian :
·      Pemecahan masalah
·      Pembuktian hipotesis
·      Pengembangan iptek
·      Menemukan hal baru ( variatif )

C.  Kriteria data penelitian :
·      Berdasarkan fakta
·      Bebas dari prasangka
·      Menggunakan prinsip analisis
·      Keakuratan data
·      Logis, dapat diukur secara objektif
·      Dapat diperhitungkan


D.  Jenis-jenis penelitian

1.    Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang pengumpulan datanya berdasarkan paradigma fenomenologi atau naturalinquiri menggunakan metode kualitatif dan analisis kualitatif. Penelitian ini terjadi dalam situasi normal tanpa manipulasi keadaan dan kondisi. Hasil akhir berupa deskripsi.

2.    Penelitian Kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berdasarkan paradigma positivisme menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Penelitian ini banyak dituntun menggunakan angka, dari pengumpulan data, penafsiran data serta penampilan datanya. Hasil akhir berupa generalisasi.

Tabel 1. Perbedaan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif
Kualitatif
Kuantitatif
1.    Kejelasan unsur : subjek sampel, data tidak mantap dan rinci, masih fleksibel.
2.    Langkah penelitian : baru diketahui dengan mantap dan jelas setelah peneliti selesai.
3.    Tidak dapat menggunakan pendekatan populasi dan sampel.
4.    Hipotesis:
a.    Tidak mengemukakan hipotesis sebelumnya, tetapi dapat lahir slama penelitian berlngsung.
b.    Hasil penelitian terbuka.

1.     Kejelasan unsur : tujuan, pendekatan, subjek, sumber data sudah mantap.
2.     Langkah penelitian : segala sesuatu direncanakan dengan mantap ketika persiapan disusun.
3.     Dapat menggunakan sampel dan hasil penelitiannya diberlakukan untuk populasi.
4.     Hipotesis:
a.   Mengajukan hipotesis yang akan du uji dalam penelitian.
b.  Hipotesis menentukan hasil yang diramalkan.


Beberapa jenis penelitian menurut kategorinya :

1.    Penelitian Menurut Tujuan

a.       Penelitian Terapan
Adalah penelitian yang diaraahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk memecaahkan masalah.

b.      Penelitian Murni/Dasar
Adalaah penelitian yang dilakukan diarahkan sekedar untuk memahami masaalah dalam organisasi secara mendalam (tanpa ingin menerapkan hasilnya). Penelitian dasar bertujuan untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan masalah dalam organisasi secara mendalam (tanpa ingin menerapkan hasilnya). Penelitian dasar bertujuan untuk mengembangkaan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis.

2.    Penelitian Menurut Metode

a.       Penelitian Survey
Penelitian yang dilakukan pada popolasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah datasampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relative, distribusi dan hubungan-hubungan antar variabel sosilogis maupun psikologis.

b.      Penelitian Ec Post Facto
Yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi yang kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut

c.       Penelitian Eksperimen
Yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Variabel independennya dimanipulasi oleh peneliti

d.      Penelitian Naturalistic
Metode penelitian ini sering disebut dengan metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alami diamana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Contoh : Sesaji terhadap keberhasilan bisnis.
e.          Policy research
Yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan pada atau analisis terhadap masalah-masalah social yang mendasar, sehingga temuanya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertindak secara praktis dalam menyelesaikan masalah.

f.          Action Research
Merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode kerja yang paling efisien. Sehingga produksi dapat ditekan dan produktifitas lembaga dapat meningkat. Tujuan utama penelitian : 1) situasi, 2)perilaku, 3) organisasi termasuk strutur mekanisme iklim kerja dan pranata

g.         Penelitian Evaluasi
Merupakan bagian dari proses pembuatan keputusan , yaitu untuk membandingkan suatu kejadian. Kegiatan dan produk dengan standard an bagian program yang telah ditetapkan.

h.         Penelitian Sejarah
Berkenaan dengan analiss yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu.  Sumber datanya bisa primer, yaitu orang yang terlibat langsung dalam kejadian itu, atau sumber-sumber dokumentasi yang berkenaan dengan kejadian itu. Tujuan penelitian sejarah adalah untuk merekonstruksi kejadian-kejadian masa lampau secara sistematis dan objektif, melaluyi pengumpulan, evaluasi, verifikasi, dan sintesa data diperoleh, sehingga ditetapkan fakta-fakta untuk kesimpulan.

3.    Penelitian Menurut Tingkat Eksplanasi

Merupakan penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubugan antara satu dengan variabel yang lain.

a.       Penelitian Deskriptif
Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau penghubungan dengan variabel yang lain.

b.      Penelitian Kompratif
Suatu penelitian yang bersifat membandingkan. Variabel masih sama dengan penelitian variabel mandiri tetapi untuk sampel yang lebih dari satu , atau dalam waktu yang berbeda.

c.       Penelitian Asosiatif/Hubungan
Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala.

d.      Penelitian menurut jenis Data dan Analisis
Jenis data analisisnya dalam penelitian dapat dikelompokkan menjadi dua hal utama, yaituKualitatif dan Kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar. Data kuantitatif adalah data angka atau  data kualitatif yang diangkakan (scoring).

Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
University of Lampung (Unila)
Address :
BPH Masjid Al-Wasi’i Kampus Universitas Lampung
Lantai Dasar Masjid Al-Wasi’i Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
        0857.6837.3366
        0897.6126.033
Ph : (0721) 783044
              abi.unila@yahoo.co.id
              m.abihamid@students.unila.ac.id

www.mustofaabihamid.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar