Kamis, 09 Juni 2011

Variabel

VARIABEL PENELITIAN


A.  Pengertian Variabel

1.    Menurut (Hatch dan Farhady, 1981)

Sebagai atribut seseorang atau objek yang mempunyai “variasi” antara satu orang dengan orang lain atau satu objek atau abjek lain. Variabel juga dapat merupakan atribut dari bidang keilmuan atau kegiatan tertentu.
Contoh Variabel:
·         Atribut seseorang: berat badan, ukuran tubuh, bentuk, sikap, motivasi, kepemimpinan, disiplin kerja, dll.
·         Atribut objek: berat (ukuran), warna, bentuk, dll
·         Atribut keilmuan: budaya organisasi, iklim kerja, pemasaran, biaya produksi, teknologi produksi, dll
2.    Menurut Kerlinger (1973)

Variabel adalah konstruk (constructs) atau sifat-sfat yang akan dipelajari. Contoh : tingkat aspirasi,penghasilan, pendidikan, status sosial, jenis kelamin, golongan gaji, produktivitas kerja, dll.

3.    Menurut Kidder (1981)

Variabel adalah suatu kualitas dimana peneliti mempelajari dan dapat menarik kesimpulan.

Kesimpulannya Variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari seseorang, objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya.

B.     Jenis-Jenis Variabel

Beberapa jenis variabel adalah sebagai berikut:         
1.      Variabel Independent
Variabel ini sering disebut sebagai variabel Stimulus, Predictor, Antecedent, Variabel pengaruh, Variabel Perlakuan, Kuasa, Teatmen, Risiko atau Variabel bebas. Dalam SEM (Structural Equation Modeling) atau pedoman persamaaan Struktural, Variabel Independen disebut juga sebagai Variabel eksogen. Variabel bebas adalah  variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel Dependent (terikat).
Contoh :

“Pengaruh
Fasilitas belajar dan motivasi terhadap Peningkatan Belajar Fisika Siswa SMA
  

2.      Variabel Dependent
Sering disebut sebagai Variabel Out put, criteria, konsekuen, Variabel Efek, Variabel Terpengaruh, Variabel Terikat, atau variabel Tergantung. Dalam SEM (Structural Equation Modeling) atau Pemodelan Persamaan Struktural, Variabel Independen disebut juga sebagai Variabel Indogen. Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas.
Contoh :

“Pengaruh
Fasilitas belajar dan motivasi terhadap Peningkatan Belajar Fisika Siswa SMA


3.      Variabel Moderator
Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat  dan memperlemah) hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Variabel Moderator disebut juga variabel Independen kedua.
Contoh hubungan variabel Independen-Moderator-Dependen.
Hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat bila peranan dosen dalam menciptakan iklim / lingkungan belajar sangat baik, dan hubungan rendah bila peranan dosen kurang baik dalam menciptakan iklim belajar.

 

4.      Variabel Intervening
Variabel Intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi antara variabel bebas dengan variabel terikat, tetapi tidak dapat diamati dan diukur.
Variabel ini merupakan Penyela/Antara yang terletak diantara variabel bebas dan variabel terikat, sehingga variabel bebas tidak secara langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel terikat.
Contoh :
Tinggi rendahnya penghasilan akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap umur harapan hidup. Di sini variabel antaranyaa yaitu yang berupa Gaya Hidup Seseorang Antara variabel penghasilan dan gaya hidup terdapat variabel moderator yaitu Budaya Lingkungan Tempat Tinggal.

5.      Variabel Kontrol
Variabel Kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel Kontrol sering dipakai oleh peneliti dalam penelitian yang bersifat membandingkan, melalui penelitian eksperimental.

Contoh :
Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Penguasaan Konsep Fisika.
Variabel bebasnya adalah metode pembelajaran berbasis masalah, sedangkan variabel kontrol yang ditetapkan adalah sama, misalnya fasilitas belajar.

Dengan adanya variabel kontrol tersebut, maka besarnya pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep fisika  lebih diketahui pasti.

 







Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
University of Lampung (Unila)
Address :
BPH Masjid Al-Wasi’i Kampus Universitas Lampung
Lantai Dasar Masjid Al-Wasi’i Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
        0857.6837.3366
        0897.6126.033
Ph : (0721) 783044
              abi.unila@yahoo.co.id
              m.abihamid@students.unila.ac.id

www.mustofaabihamid.blogspot.com

1 komentar:

  1. pak kalo variabel terikat saya ada dua, apa yang harus saya lakukan.. dengan sample dibwah 100.. analisis apa yang bisa saya pakai..

    BalasHapus