Sabtu, 04 Januari 2014

[#1Hari1Ayat]: Syukur Nikmat

 “Dan (ingatlah) ketika Tuhan-mu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan Menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti adzab-Ku sangatlah pedih.” (Q.S. Ibrahim: 7)
Dalam ayat tersebut jelas bahwa manusia harus senantiasa bersyukur kepada Illahi Rabbi. Sebagaimana dijanjikan dalam ayat tersebut dengan tambahan karunia nikmat (jika bersyukur), lalu dengan timpaan adzab yang sangat pedih (tatkala mengingkari dan mengkufuri nikmat-Nya).

Lalu bagaimana cara kita bersyukur?

Pertama, mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah Yang Maha Pemurah dengan cara menghitung nikmat yang sudah kita terima saat ini. Jangan menghitung atau mengandai-andaikan kenikmatan yang belum atau tidak kita punyai. Agar hati ini tentram dan ikhlas menerima sehingga menimbulkan kelegaan hati dan kebahagiaan yakni dengan cara mengangan–angan sembari menghitung nikmat Allah yang dikaruniakan kepada kita. Begitu banyaknya nikmat yang telah kita terima, maka manusia tak akan mampu menghitung nikmat yang diberikan Allah SWT. “Wain tauddu nikamatallahi la tuhsuhaa” (Apabila engkau menghitung nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, maka engkau tak akan mampu menghitungnya).


Kedua, membuktikan rasa syukur dengan amal dan perbuatan. Rasulullah SAW bersabda: Asy syukru huwa tashorrafun nikmah li mardhotillah. “Syukur itu mentashorrufkan nikmat/ menggunakan, memanfaatkan, mempergunakan nikmat dari Allah untuk perkara yang diridhoi Allah SWT.

Wallahu a'lam bish showab.
Regard,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar