Minggu, 02 Januari 2011

Planet

1) Merkurius


Merkurius merupakan planet terkecil dan terdekat dengan matahari. Merkurius tidak memiliki satelit. Karena letaknya yang begitu dekat dengan matahari maka bagian yang menghadap matahari sangat panas. Sebaliknya bagian yang tidak menghadap matahari menjadi dingin sekali(karena tidak ada air maupun udara). Diperkirakan tudak ada kahidupan sama sekali di planet ini. Merkurius berotasi selama 58,6 hari. Ini berati panjang siang harinya 28 hari lebih, demikian juga malam harinya. Merkurius berevolusi selama 88 hari.


2) Venus
Planet ini lebih kecil dari bumi dan menyerap 20 persen cahaya matahari. Planet ini diselubungi oleh awan tebal(atmosfer) yang terjadi dari karbon dioksida, tetapi tidak mengandung uap air dan oksigen. Planet ini juga tidak memiliki satelit. Planet ini dikenal dengan sebutan bintang kejora yang bersinar terang pada waktu pagi atau sore hari. Besarnya hamper sama dengan bumiyaitu berdiameter 12.320 km. rotasi Venus sekitar 247 hari, dan berevolusi selama 225 hari.


3) Bumi
Bumi mempunyai urutan ketiga terdekat dengan matahari. Bumi berdiameter 12.640 km. jarak antara bumi dengan matahari 149 juta km.bumi mempunyai atmosfer dan mempunyai sebuah satelit, yaitu bulan. Bumi mengadakan revolusi selama 365 ¼ hari. Sekali memutar mengelilingi matahari disebut juga 1 tahun.
Gerak bumi pada porosnya disebut dengan rotasi bumi. Arah rotasi bumi sama dengan arah revolusinya, yaitu dari barat ke timur. Rotasi bumi tidak dapat kita saksikan. Gerak dari timur ke barat matahari serta benda-benda langit lainnya disebut gerak semu harian matahari.

Akibat dari rotasi bumi :
a) Pergantian siang dan malam, dimana separuh dari bola bumi menerima sinar matahari(siang), sedangkan separuh bola lainnya mengalami kegelapan(malam).
b) Penyerongan atau penyimpangan arah angin dan arus laut.
c) Adanya dua kali air pasang naik dan ppsang surut dalam sehari semalam.
d) Perbedaan waktu antara tempat-tempat yang berbeda derajat busurnya.
Selama mengedari matahari ternyata sumbu bumi miring dengan arah yang sama terhadap bidang ekliptika. Kemiringan sumbu bumi ini besarnya 32 ½0 terhadap bidang ekliptika tersebut. Akibat dari revolusi bumi adalah :
a) Adanya pergantian musim
b) Perubahan lamanya siang dan malam
c) Terlihatnya rasi bintang yang beredar dari bulan ke bulan.
Lintasan bumi dan revolusinya terhadap matahari disebut orbit. Menurut hukum keppler pertama, maka orbit-orbit setiap planet berbentuk elips. Matahari berada pada satu titik focus dari elips itu. Titik lintasan yang terdekat dengan titik focus di matahari itu berda disebut titik perihelium. Titik terjauh dari titik focus di matahari itu berada disebuttitik aphelium.
Hukum keppler kedua mengatakan bahwa garis yang menghubungkan planet dengan matahari selama revolusi planet itu melewati bidang-bidang yang sama luasnya dan dalam jangka waktu yang sama pula. Maka ketika planet itu melintasi titik perihelium, maka gerak planet itu menjadi cepat.
Hukum keppler ketiga menyatakan bahwa kuaddrat kala revolusi dari planet-planet bebanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-rata masing-masing planet terhadap matahari itu.

4) Mars
Planet ini berwarna kemerah-merahan yang diduga tanahnya mengandung banyak besi oksigen. Pada permukaan planet ini ditemukan warna-warna hijau, biru, sawo matang yangselalu berubah sepanjang masa tahun. Diperkirakan perubahan warna tersebut sebagai perubahan musim, dan memungkinkan adanya lumut tumbuhan tingkat rendah yang lain. Penyelidikan terakhir menunjukkan bahwa planet mars terdapat uap air meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Tetapi para ahli cenderung berpendapat bahwa perubahan warna permukaan planet disebabkan oleh angin pasir dan bukan organism.

Mars mempunyai dua buah satelit yaitu phobus dan daimus. Jarak planet mars dengan matahari sekitar 226,48 juta km, berdiameter 6272 km dan kala revolusinya 1,9 tahun, serta kala rotasinya 24 jam 37 menit. Berdasarkan data yang dikirim oleh satelit Marinir IV di Mars tidak adda oksigen, hamper tidak ada air, sedangkan kutub es yang diperkirakan mengandung banyak air itu tak lebih merupakan lapisan salju yang sangat tipis. Oleh karena itu, kutub yang berwarna putih itu sering lenyap.

5) Yupiter
Yupitermerupakan planet yang terbasar dalam tata surya. Berdasarkan analisis spektroskopis, planet ini mengandung gas metana dan amoniak yang banyak, serta mengandung gas hydrogen. Yupiter mempunyai satelit sebanyak kurang lebih 14 satelit. Yupiter berdiameter 138.560 km, kala rotasinya sangat cep[at jika dibandingkan dengan planet yang lain yaitu 10 jam. Yupiter tampak sebagai bintang yang terang yang muncul pada tengah malam. Karena rotasinya cepat pada bagian ekuator tampak sedikit mengembang dan membentuk sabuk. Massa planet ini sangat besar hamper tiga ratus kali massa bumi. Oleh karena itu mempunyai daya tarik yang sangat kuat, sehingga mempunyai 14 satelit dan tiga dari satelitnya beredar berlawanan arah dengan yang lainnya.

6) Saturnus
Saturnus mempunyai massa jenis yang kecil yaitu kurang dari 0,75 g/cm3, sehingga akan terapung di air.ternyata planet ini berupa gas yangterdiri dari metana dan amoniak dengan suhu rata-rata 1030C. saturnus mempunyai 10 satelit, diantaranya yang terbesar yaituTitan dan Phoebe( bergerak berlawanan arah dengan satelit lainnya). Planet saturnus merupakan planet terbesar yang kedua setelah Yupiter. Planet ini berdiameter 118.400 km. kala rotasinya 10 jam. Planet ini merupakan planet yang mempunyai cincin sabuk raksasa.

7) Uranus
Jarak antara Uranus dengan matahari sekitar 2860 juta km dan mengelilingi matahari dalam waktu 84 tahun, berotasi selama 10 jam 47 detik. Planet ini ditemukan oleh Herschel dan keluarganya dengan tidak sengaja pada tahun 1781 ketika mereka mengamati Saturnus. Besar Uranus kurang dari setengah Saturnus, berdiameter 50.560 km. Uranus memiliki 14 satelit.

8) Neptunus
Neptunus memiliki jarak rata-rata dengan matahari sebesar 4.450 juta km. Planet ini berdiameter 49.530 km dan memiliki massa 17,2 massa bimi. Kala rotasi planet ini 16,1 jam, dan kala revolusinya 164,8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan yang permukaannya terdapat lapisan tipis silikat. Planet ini tersusun atas unsure besi dan unsure-unsur berat lainnya. Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit, diantaranya yaitu Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa . planet ini ditemukan pada tahun 1846 yang waktu itu para astronom sedang mengamati planet Uranus yang agak menyimpang orbitnya.

9) Pluto
Pluto merupakan planet terjauh dari matahari, planet ini baru diketahui padatahun 1930. Pluto disebut juuga transneptunus, karena ada dugaan planet ini merupakan bagian dri satelit Neptunus yang terlepas. Pluto memiliki orbit yang memanjang, memiliki perilaku yang lebih mirip dengan objek sabuk Kuiper disbandingkan dengan sebuah planet,demikian anggapan dari beberapa astronom. Orbit Pluto yang berbentu elips tumpang tindih dengan orbit Neptunus. Orbitnya dengan matahari juga terlalu melengkung dibandingkan dengan orbit planet yang lainnya. Pluto juga berukuran sangat kecil, bahkan lebih kecil dari bulan.

Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
Lampung University
Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
e-mail :abi.sma4@gmail.com
abi.unila@yahoo.com
www.mustofaabihamid.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar