Minggu, 22 Januari 2012

Tanggapan atas Aksi Sondang Hutagalung

Tanggapan atas meninggalnya Sondang Hutagalung (Mahasiswa UBK/Aktivis HAM) yang melakukan aksi bakar diri di depan Istana Merdeka pada Rabu, 7 Desember 2011, oleh Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Lampung dalam agenda diskusi trotoar Senin malam, pukul 20.00 sampai 23.30 WIB di depan bunderan air mancur Universitas Lampung.

1. Menyesalkan aksi bakar diri oleh Sondang Hutagalung yang kemudian merenggut nyawanya.
2. Aksi bakar diri tersebut menunjukan titik klimaks kekecewaan rakyat atas sikap pemerintah yang anti kritik dan tidak pernah tanggap atas semua tuntutan rakyat selama ini.

3. Selama ini pemerintah tidak peka terhadap persoalan-persolan kebangsaan di Indonesia, jeritan rakyat yang diwakili kelas menengah (mahasiswa) melalui aksi-aksi demonstrasi/unjuk rasa, mogok makan, dll, aksi tersebut tidak lebih dan hanya dipandang oleh pemerintah sebagai sebuah dinamika demokrasi yang biasa tanpa ada tanggapan yang berarti.
4. Peristiwa tersebut hendaknya menjadi pembakar kembali semangat para aktivis, mahasiswa, dan elemen masyarakat untuk terus meneguhkan perjuangannya menuju cita-cita bangsa Indonesia yang di idamkan.
5. Harapannya tidak ada aksi bakar diri lagi seperti yang dilakukan oleh Sondang Hutagalung dalam menyuarakan aspirasinya kepada rezim pemerintah yang berkuasa yang selama ini seolah buta dan tuli atas aspirasi rakyat.
6. Menuntut pemerintah supaya tanggap dan sigap dalam merespon jeritan yang disampaikan oleh rakyat.
7. Hendaknya para elite politik untuk mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi dan golongan.
8. Menuntut penyelesaian kasus HAM (Munir, Jamaah Ahmadiyah, Jamaah GKI Yasmin Bogor, Konflik Papua, dll), penyelesaian tuntas kasus korupsi, (century, wisma atlet, suap pemilihan Gubernur BI, dll), menghentikan liberalisasi perdagangan, pangan, dan energy, mediakan lapangan kerja dan tingkatkan kesejahteraan hak-hak pekerja, memberlakukan hukuman mati terhadap koruptor , bubarkan kelompok dan gerakan radikalisme agama.

Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
University of Lampung (Unila)
Address :
BPH Masjid Al-Wasi’i Kampus Universitas Lampung
Lantai Dasar Masjid Al-Wasi’i Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
0897.6126.033
Ph : (0721) 783044
Twitter : @mustofaabihamid
e-mail :abi.sma4@gmail.com
abi.unila@yahoo.co.id
m.abihamid@students.unila.ac.id

www.mustofaabihamid.blogspot.com

4 komentar:

  1. Balasan
    1. tangan terkepal dan maju kemuka. Berjayalah PMII :)

      Hapus
  2. kita pererat barisan kita sahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Haris: mari kita rapatkan barisan dan pererat ukhuwah Islamiyyah kita. Salam persahabatan rekan haris. Mustofa Abi Hamid (Wakil Sekretaris PC IPNU Kota Bandarlampung)

      Hapus