Minggu, 10 Februari 2013

Masa (itu) Masa Sekolah

Happy B’day almamaterku SMA Negeri 4 Metro

Dirgahayu SMA Negeri 4Metro ke-11. Selamat ulang tahun almamaterku tercinta. Sekolah yang berdiri pada ini terlihat semakin bagus dari segi sarana prasarana maupun kualitas manajemen dan prestasinya yang kian meningkat. Doaku sebagai alumni yang pernah mengenyam pendidikan di sekolah ini semoga SMA Negeri 4 Metro dapat tercapinya visi menjadi sekolah unggul yang berwawasan iptek dan imtaq. Semoga semakin baik sehingga menjadi sekolah favorit yang mampu menciptakan lulusan yang kompeten, unggul, dan berdaya saing.

Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua bapak dan ibu guru yang sangat berjasa. 

Kelas X:

Bu Alfred: Terima kasih bu atas semua ilmu yang telah dibagikan ke diri saya. Bu Alfred Neti ini dulu adalah wali kelas saya di kelas X.1. Waktu itu beliau mengajar pelajaran Fisika, pelajaran yang saya sukai hingga saat ini ternyata saya tetap berkutat dengan fisika. Sekarang saya kuliah di jurusan fisika FKIP Unila bu.

Bu Sukma: Terima kasih bu. Dulu saya diajari Matematika oleh Bu Sukma meski cuma 1 semester karena kemudian beliau pindah mengajar di SMAN 1 Metro.

Bu Yuni: Terima kasih Bu Yuni. Guru Bahasa Indonesia yang tidak hanya mengajarkan bahasa Indonesia namun lebih dari itu, mengajarkan kedisiplinan, ketegasan, menanamkan nilai tanggung jawab. Meski dulu terlihat galak menurut sebagian teman-teman di kelas, namun saya sadar itu untuk kebaikan anak didiknya.

Bu Thoyyibah: Terima kasih bu. Saya merasakan dulu teman-teman sekelas termasuk saya terkesan lebih “bandel” ketika Bu Thoyyibah mengajar Bahasa Inggris di kelas. Tapi saya salut ibu sabar dan memiliki banyak metode pengajaran yang diterpkan sehingga kami tidak bosan. Terima kasih bu.

Bu Tri Endah: Terima kasih bu, pelajaran Kimia yang dulu ibu ajarkan kepada kami masih terngiang sampai saat ini. Pasalnya, dulu sering disuruh maju ke depan kelas mengerjakan soal-soal dan hafalan Sistem Periodik Unsur yang sampai sekarang saya masih hafal bu. Terima kasih bu. J

Bu Lilik: Terima kasih bu. Motivasi dan semangat yang ditularkan masih menginspirasi hingga sekarang. Terima kasih sudah diajari Biologi.

Bu Tatik: Terima kasih bu. Berkat ibu, kami semua masih sehat dan bugar. Pelajaran Penjaskes (Olahraga) yang diajarkan masih sesekali kami praktekkan meski seminggu sekali saya berolahraga. Hehe J

Bu Herni: Terima kasih bu sudah dikenalkan arti Sejarah dalam hidup ini. Seperti kata Bung Karno, JAS MERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah). Terakhir mendapat kabar beliau sekarang sudah pindah mengajar di Bandarlampung karena memang domisili beliau di sana.

Pak Zainuril Amri: Terima kasih pak. Awal masuk SMA diajari menghitung uang secara detail dan pembukuan yang terperinci/tertib ala perusahaan. Ya, pelajaran Akuntansi dari bapak bermanfaat hingga sekarang.

Pak Sudiyono: Terima kasih pak. Pelajaran yang senantiasa dipraktekkan setiap hari, ya Sosiologi tentu dipraktekkan dalam berinteraksi dengan sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari. Meski dulu waktu dikelas kami sering ribut waktu bapak mengajar. Maaf ya pak dan terima kasih. Hehe J

Pak Darmawan: Terima kasih pak. Pelajaran Geografi yang bapak ajarkan masih kami ingat, insyaAllah pak, hehe. Pak Darmawan adalah guru yang paling kalem dan terlihat pendiam tak banyak bicara.

Pak Darul: Terima kasih pak. Ajaran agama, moral, dan akhlak yang bapak tanamkan menjadi pedoman dalam hidupkami. Terima kasih.

Bu Supri: Terima kasih bu. Dulu pelajaran Mulok-nya tata boga diajari cara membuat bermacam-macam kue/jajanan yang enak tentunya. Serunya masak-masak dikelas, dan makan bersama. J

Bu Dwi Setyo: Terima kasih bu. Seminggu sekali ibu selalu memberikan spirit motivasi dan bimbingan. Pelajaran Bimbingan Konseling yang kami dapat sebagai langkah pendewasaan dalam mengambil kebijakan dan keputusan.

Kelas XI IPA 1:

Bu Dwi: Terima kasih bu Dwi, wali kelas kami di XI IPA 1. Beliau sangat akrab dengan kami, ibu kami yang paling pengertian dan care. Dengan senyuman dan candaan khas-nya beliau mengajar Biologi dikemas dengan menarik.

Pak Santa: Terima kasih pak. Tak diragukan lagi bahwa Pak Santa adalah guru yang multitalenta, bagaimana tidak, beliau di kelas XI mengajar Matematika, di kelas XII mengajar Fisika, sekaligus mengajar olimpiade Astronomi. Guru muda mu’allaf yang sangat rajin ibadah dan sholat berjama’ah dengan siswanya di musholla tercinta terima kasih pak.

Pak Maisani: Terima kasih pak Mai. Konsep fisika yang bagi sebagian siswa dianggap susah jika ditangani oleh Pak Mai belajar fisika jadi menarik dan mudah. Yang menarik, seringkali ulangan harian Pak Mai dilakukan one by one maju ke depan mengerjakan soal di papan tulis. Dan juga ulangan lisan. Menarik dan cukup menantang. Baru dapat kabar Pak Mai sekarang menjadi Kepala Sekolah SMAN 4 Metro. Selamat pak. J

Bu Sri: Terima kasih bu. Guru Kimia yang sabar meski kami kadang kurang mudeng dengan konsepnya. Hehe. Terima kasih bu.

Bu Rochma: Terima kasih bu. Pelajaran Bahasa Indonesia yang banyak melakukan adegan drama pada waktu itu.

Mom Pipin: Terima kasih mom Pipin. Saya sangat tertarik belajar Bahasa Inggris berkat tangan dingin mom Pipin dalam mengolah kosa kata menjadi lebih mudah dimengerti.

Pak Udi: Terima kasih Pak. Fondasi keagamaan dikuatkan dengan pelajaran Agama yang disampaikan Pak Udi dengan gamblang, seringkali kami bertanya masalah problem agama dengan Pak Udi. Terima kasih pak.

Pak Eko: Terima kasih pak Eko. Olahraga merupakan pelajaran yang sangat ditunggu-tunggu tiap minggu. Berbagai permainan dalam olahraga menjadi semakin seru jika Pak Eko turun tangan. Denger-denger sekarang beliau pindah ke SMAN 6 Metro.

Bu Endang: Terima kasih bu. Berkat ibu, kami bisa menari berbagai tarian Lampung dan tari kreasi modern.
Bu Ning: Terima kasih bu. Pelajaran IT yang saya sukai adalah saat praktek di lab.

Kelas XII IPA 1

Pak Bahar: Terima kasih pak atas bimbingan dan didikan bapak. Pak Bahar ahli Matematika, pola pikir dan kreativitas beliau patut dicontoh.

Bu Budi: Terima kasih bu. Boleh dikatakan galak, karena siswa yang tak rajin, bandel, kurang rapi, badung, dll pastilah akan berurusan dengan Bu Budi. Namun, pada saat belajar enjoy, adakalanya serius dan bercanda. Pengetahuan Bahasa Indonesia kian mendalam berkat beliau.

Di kelas XII IPA 1 ini guru yang mengajar sama dengan saat duduk di kelas XI, diantaranya Pak Santa mengajar Fisika, Bu Sri mengajar Kimia, Bu Dwi mengajar Biologi, Mom Pipin mengajar Bahasa Inggris,  Pak Udi mengajar Agama Islam, dan Bu Ning mengajar ITK.

Selain para dewan guru, kepala sekolah (Pak Sediyanto), staf tata usaha (Pak Rahman, Bu Sum, Pak Mbak Deni), Pustakawan (Mbak Lina), saya juga berterima kasih kepada seluruh ibu kantin, bude/pakde kantin yang telah menyediakan makanan saat istirahat.

Tak lupa ekskul Format (Majalah Informasi Smanpat) yang saya dulu aktif disana belajar jurnalistik. Ekskul KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) dan Olimpiade MIPA, bangga ketika mampu menjuarai lomba Olimpiade Fisika se-Kota Metro Lamtim Lamteng, saya beserta tim mendapat juara II. Olimpiade MIPA Fisika Dikmenjurti meski tak masuk juara tapi alhamdulillah masih mendapat juara harapan. Bersama anggota KIR dan Pak Santa berpartisipasi mengikuti ajang yang dilaksanakan oleh Menristek (Menteri Riset dan Teknologi) di PLTU Tarahan dan Tarahan Plywood, wisata iptek, temu pakar, dan lomba karya ilmiah. Masih teringat dulu waktu HUT SMAN 4 Metro saat saya duduk di kelas XII, kelas saya juara jalan funky, juara kebersihan kelas, juara debat (saya bersama Rama dan Farid), dan saya juga juara I Olimpiade Fisika sekolah. Sampai saat ini kecintaan saya pada Fisika tak pernah pudar. Hingga mengantarkan saya kuliah di Universitas Lampung jurusan Fisika FKIP. Terima kasih kepada semua pihak yang berjasa dalam hidup saya. Sekali lagi Selamat HUT SMAN 4 Metro ke-11 almamater saya tercinta. J

Salam Abie (alumnus tahun 2009). 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar